Langsung ke konten utama

Biografi Singkat Penulis Jurnal El-Mãl I



BIOGRAFI PENULIS JURNAL El-Mãl I 2018

Edisi perdana jurnal El-Mãl memuat enam makalah ilmiah karya dosen Fakulas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor. Mereka adalah Dedi Junaedi, Jamaludin, Faisal, Yudi Permana, Rio Kartika Supriyatna, dan Lukman Hamdani. Siapakah mereka dan apa kiprahnya dalam riset dan pendidikan? Berikut ini adalah biografi singkat mereka.

Ir.H. Dedi Junaedi, M.Si., dosen tetap Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor. Lektor ekonomi dan keuangan syariah ini mengampu mata kuliah:  matematika ekbis, analisa statistik, fiskal moneter, pengantar manajemen bisnis, komunikasi bisnis, mikroekonomi syariah, etka bisnis syariah, dan Bahasa Indonesia.
Lahir di Kuningan, Jawa Barat, 13 Juni 1964, dia alumni S-1 Teknologi Pangan & Gizi Fateta Institut Pertanian Bogor dan S-2 Ekonomi dan Keuangan Syariah Universitas Indonesia (UI) dengan predikat lulusan terbaik Psacasarjana UI 2012.
Mantan Tenaga Ahli Mentan Bidang Informasi dan Komunikasi (2005-2014) kini memimpin Pusat Riset dan Kajian Strategis  (PRKS) FEBI INAIS dengan tugas khusus mengelola El-Mãl: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam . Selain edisi cetak, jurnal enam bulanan ini juga terbit online di website  www.el-mal.net. Situs web ini merupakan wahana informasi dan interaksi riset dan kajian bidang ekonomi, keuangan, bisnis dan manajemen Islam.
Selain mengajar, dia juga aktif sebagai jurnalis. Antara lain anggota Dewan Redaksi majalah Sains Indonesia (www.sainsindonesia.co.id), redaktur di Majalah Gontor dan Gontornews (www.gontornews.com). Alumni LPDS Jakarta 1990 ini juga pernah menjadi redaktur di Harian Pelita, Harian Republika, serta majalah majalah Suara Hidayatullah dan dMaestro.
Pernah menjadi Asisten Kimia Dasar IPB, guru kimia TEKNOS Jakarta dan supervisor PT Alfindo Putra Setia [AdeS] Cibinong, mantan Ketua Dewan Karyawan REPUBLIKA (2000-2003) ini meraih belasan penghargaan lomba tulis ilmiah populer bidang ristek, DRN, teknologi perbankan,  komputer dan  telekomunikasi, serta menulis 12 buku. Antara lain Sainstek Mutakhir Seri I (2017), Direktori Lembaga Litbang Indonesia (2016),  Kisah Inspiratif: Dari Proyek Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat (2015),  PUAP Syariah vs Konvensional: Studi Komparasi Kinerja LKMA (2013),. Membangun Asa Petani: Bunga Rampai Mentan Menyapa (2013), Menuju Ketahanan Pangan (2012), biografi Anton Apriyantono, Pemimpin Bersahaja Sahabat Petani (2009), Kebangkitan Pertanian Indonesia (2008), Konspirasi Bom Bali (2002), Agenda Tersembunyi Tragedi WTC (2001), dan Klinik Komputer (1998)

  
Jamaludin,S.P.d  M.E.I.  adalah dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), dan menjabat sebagai  Kepala Bagian Kemahasiswan dan Hubungan Alumni di Institut Agama Islam SAHID (INAIS)Bogor. Lahir di Lebak Banten, 12 Juli 1987, dia mengampu mata kuliah manajemen syariah, manajemen zakat, fiqh muammalah, pengantar studi Islam, sejarah pemikiran ekonomi Islam. Juga menjadi dosen di Univeritas Ibn Khaldun Bogor mengampu mata kuliah Studi Islam di Fakultas Tehnik, serta menjadi dosen  di Institut Agama Islam Umul Quro Bogor sebagai pengampu mata kuliah English for teaching, ekonomi mikro syariah dan makro syariah.
Pernah menjadi guru  bahasa Inggris di Pesantren Modern Rafah Bogor, ayah satu anak ini juga pernah mengajar di SMK Arrahmaniyah Bogor dan SMA International Islamic High School Jakarta. Selain aktif di dunia pendidikan, alumni magister ekonomi Islam Universitas Ibn khaldun Bogor (S-1 & S-2) juga penulis buku  berjudul Jodoh is Secret Love. Sebagai dosen, dia aktif menulis di beberapa jurnal ilmiah, menjadi pembicara dalam acara kemahasiwaan. Jamaludin memang aktif sebagai pembina   di beberapa organisasi  kemahasiwaan dan kegiatan kemasyarakatan.


     Faisal SE, MM, adalah dosen manejemen strategik, Manajemen risiko, manajemen pemasaran jasa, dan sistem informasi manjemen pada Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam di  Institut Agama Islam Sahid  ( INAIS ) Bogor. Dia juga memimpin  Pusat Pengembangan Sumber Daya Insani dan Kerjasama Antar Lembaga (P2SDM-KL) FEBI-INAIS.
    Meraih gelar S2 pada Magister Manajemen di Pasca Sarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor, Faisal pernah bekerja dan  mengembangkan sumber daya manusia pada lembaga keuangan mikro BPR ANS Group. Sebagai internal control pada  industri  hospitality di bidang perhotelan hingga posisi manager HRD  dan Manager Operasional selama lima tahun Dan sampai saat ini masih memberikan kuliah pada Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, mata kuliah manajemen kualitas pelayanan, tehnik supervisi, manajemen perhotelan, dan studi kelayakan bisnis. 
    Selain itu, penulis juga adalah konsultan, memberikan  trainning  pada Lembaga Pelatihan Indolatih Manajemen   di bidang   pengembangan SDM  seperti soft skill, achivement motivation di perhotelan, perbankan  dan industri retail,  khususnya pelayanan pelanggan. Juga  memberikan pelatihan  bagi costumer service, staff adminitrasi dan tingkatan midle manajemen dalam meningkatkan kinerja perusahaan.

  


YudiPermana, S.Th.I, M.M. adalah Ketua Program Studi Manajemen Bisnis Islam (MBS) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam (INAIS) Bogor. Lahir di Bogor,  1981. Menyelesaikan pendidikan S1 di Univeritas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2003, dan selanjutnya menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor.
Saat ini juga aktif sebagai dosen untuk mata kuliah: Bahasa Inggris, Mikroekonomi Syariah, Makroekonomi Syariah, Manajemen Portofolio, serta Manajemen Produksi dan Operasi. Selain itu, juga aktif sebagai tenaga ahli pelatihan Bahasa Inggris dan Manajemen di Lembaga Pendidikan, Organisasi Pemerintah dan Swasta, Jam terbang pelatihannya sudah diatas 1000 jam terbang, mulai dari tahun 2007 s.d. 2018 ini.
Beberapa karya tulis yang sudah dihasilkan: (1) Cara Mudah Memahami Bahasa Inggris, diterbitkan oleh Jurnal al-Madrasah, Republika sebanyak 21 episode; (2) How to Master English Faster and Easier, diterbitkan oleh Rumah Cendekia Indonesia, (3) CD Pembelajaran untuk UN Bahasa Inggris SMP dan SMA, diterbitkan oleh Brilliant Students; (4) Analisis Cash Flow dan Profitabilitas untuk mengukur tingkat efisiensi pada Koperasi Grade A di Kota Bogor diterbitkan oleh Jurnal Kajian Islam Modern INAIS; (5) Penyusunan dan Pemilihan Portofolio yang efektif, diterbitkan oleh Jurnal el-Mal, FEBI INAIS Bogor.      
Kini, selain aktif sebagai akademisi, mantan ketua Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Jami Nurul Islam ini, mengabdikan diri di masyarakat sebagai Wakil Ketua DKM Masjid Jami Nurul Islam Bogor, serta Pengurus Musholla Nurul Falah Bogor.



Rio Kartika Supriyatna, SE, MM, adalah Ketua Program Studi Perbankan Syariah pada Fakultas Ekonomi dan Binsis Islam (FEBI) INAIS Bogor.  Lahir di Sumedang, 5 Juli 1976 ,  dia dosen pengampu mata kuliah manajemen, keuangan, akuntansi dan pemasaran. Dia juga mengajar di SMK Matusha Dwi Elang Bogor dan menjabat Kepala SMP Matusha Dwi Elang.
Selain aktif di dunia pendidikan, alumni STIE YPKP Bandung (S-1) dan Universitas Ibnu Khaldun (S-2) ini juga praktisi bisnis. Sejak 2008, dia General Manager Dua Elang Makmur. Sebelumnya dia cukup lama berkarir di Laksana Motor dan PT. Laksana Corporindo sebagai Senior Finance Supervisor.
Di sela-sela kesibukannya sebagai dosen dan praktisi bisnis, dalam keseharian Rio Kartika Supriyatna juga aktif dalam kemasyarakatan, kemahasiswaan dan masalah pembangunan masjid dan dakwah Islam di wilayah Bogor.  Selain Ketua Rukun Warga 03 Ciputih Gugahsar Bogor, dia juga aktif mengurus DKM Ulil Albab Bogor, LSBD Hikmatul Iman Indonesia Cab Bogor, dan Generasi Muda Ciputih, sebelum aktif dalam kegiatan Ikatan Keluarga Mesjid Al-Baroqah. Himpunan Mahasiswa Perbankan YPKP Bandung dan Brigade Umat Islam Bandung.



Lukman Hamdani,S.H.I.,M.E.I adalah dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor, saat ini penulis sedang menempuh kuliah S3 Ekonomi Syariah di UIN-SU (Universitas Islam Negri Sumatera Utara) memperoleh beasiswa dari Program Mora Scholarship 5000 Doktor Kementrian Agama RI Angkatan 2016.
Suami dari  Habibah S.Pd.I ini  mempunyai dua putri, yaitu: Nahra Himmatul Adhwa Hamdani dan Niyaz Ghaziyyah Hamdani
Lahir di Bekasi, Jawa Barat, 09-05-1989, alumni S1 Syariah di Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA) dan S2 Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA) Pasca Sarjana Ekonomi Islam, Jurusan Zakat. Kini sedang studi S3 Ekonomi Syariah UIN-SU (Universitas Islam Negri Sumatera Utara) melalui Program Mora Scholarship 5000 Doctor Kementrian Agama RI Angkatan 2016.
Sebelumnya, dia pernah menjadi guru di SMK Taruna Bhakti Depok. Dia juga pernah bekerja di Lembaga Amil Zakat Amaliah Astra Jakarta Utara, serta mengajar di LP3I untuk mata kuliah pengantar ilmu ekonomi, proposal usaha, e-bisnis, dan statistik bisnis.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip-Prinsip Kepemilikan Harta Dalam Islam

Oleh Lukman Hamdani Dosen FEBI Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor
ABSTRAK
Harta adalah salah satu instrument yang terpenting dalam kehidupan ini, karena harta adalah adalah sebagai penunjang keberlangsukan kehidupan manusia,dalam Islam selalu ditekankan akan pentingnya kemandirian dalam memiliki harta melalui kerja atau usaha, karena sesungguhnya allah swt sangat mencintai hambanya yang selalu bersedekah/berinfaq/berzakat dengan harta nya sendiri. Allah swt sangat menyukai para pekerja keras atau orang yang gigih dalam mencari harta untuk kepentingan akhirat, bahkan Allah SWT tekankan dalam Surah at-taubah ayah 10. Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, Maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan. Bahkan para sahabat Rasulullah SAW adalah para orang kaya yang memiliki harta untuk kemajuan dan perke…

Utang Meningkatkan PDB, Menurunkan Kemiskinan, Namun Belum Mensejahterakan Rakyat

Jakarta, Gontornews -- ''Utang cenderung meningkatkan nilai PDB dan menurunkan angka kemiskinan. Tetapi belum dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat banyak. Ini berlaku untuk semua rezim pemerintahan,'' ungkap Dedi Junaedi, dosen ekonomi Islam Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor.

Dalam presentasi Simposium Nasional Keuangan Negara (SNKN) 2018 di Jakarta, Kamis (15/11), Dedi Junaedi tampil sebagai pemakalah berjudul "Hubungan Utang Luar Negi dengan Perekonomian dan Kemiskinan: Komparasi Antarezim Pemerintahan". Dibuka Menkeu Sri Mulyani, SNKN 2018 menampilkan 60 makalah, dimana 19 di antaranya adalah makalah ekternal.

Dalam presentasinya, Dedi Junaedi menjelaskan latar belakang risetnya. Menurutnya, sejak merdeka, Indonesia telah mengalami tujuh kali pergantian kepeimpinan nasional. Mulai dari Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurahman Wahid, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hingga Joko Widodo. Setiap pemerintahan tentu punya kebijakan dan progr…